Breaking News

Launching Program Dasa Wisma Sejahtera Melalui Toga Menari


Launching Program Dasa Wisma Sejahtera Melalui Toga Menari

Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM me-launching (meresmikan( program Dasa Wisma Sejahtera melalui Toga Manari di Dasa Wisma Naga 1 Aia Tajun Nagari Aia Tajun, Kecamatan Lubuk Alung, Kamis (03/04/2021).

Dalam kata  sambutannya, wabup mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas pembinaan yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) teknis antara lain Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan terhadap dasawisma, khususnya yang berkaitan dengan  pengembangan tanaman obat keluarga. Berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat untuk mengangkat potensi nagari, baik terhadap sumber daya alam  maupun sumber daya manusia, dilakukan oleh Tim Penggerak Penberdayaan Kesejahteraan Masyarakat (TP-PKK) Kabupaten Padang Pariaman sebagai mitra dari DPMD.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan di era globalisasi lebih menekankan pada keterbukaan dan kemudahan akses, terutama integrasi ilmu dan teknologi - khususnya teknologi informasi - menuntut lebih bersinergi dan professional dalam melaksanakan pembangunan di setiap tingkat pelaku pembangunan, baik tingkat kabupaten, kecamatan, nagari maupun pelaku-pelaku pembangunan dengan status senagai mitra pemerintah," ujar Rahmang. 

Kehadiran TP-PKK di setiap tingkatan, lanjut dia, sangat dibutuhkan dalam memberikan, memotivasi atau dorongan, baik kepada pemerintah maupun kepada mitra pemerintah dan masyarakat. Di antaranya motivasi kepada kelompok dasa wisma untuk pengembangan obat tradisional atau herbal untuk memperluas jangkauan pemasaran dan sekaligus berbagi ilmu terhadap jenis dan khasiat obat herbal.

"Hal ini sejalan dengan kegiatan Launching yang dilaksanakan atas kolaborasi OPD terkait dengan tema Dasa Wisma  Sejahtera melalui toga menari (menuju nagari mandiri) dengan sistem digitalisasi di Dasa Wisma Naga 1 Nagari Aia Tajun dan Dasa Wisma Melati 12 Nagari Sikabu,” terangnya.

Ia pun mengajak seluruh pihak  agar membulatkan tekad dan komitmen serta terus mengembangkan dan melestarikan sumber daya yang ada di nagari sehingga dapat mewujdkan Kabupaten  Padang Pariaman yang unggul, berelanjutan,religius, sejahtera dan berbudaya. 



BACA JUGA