Breaking News

Rapat Sosialisasi Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata


Rapat Sosialisasi Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata

 Kamis (15/07)  Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, membuka Rapat Sosialisasi Pengembangan Desa Digital dan Desa Wisata di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman.

Rapat sosialisasi ini dimoderatori oleh Ir. Iskandar, M.M. dengan narasumber Agus Kuncoro,S.Sos. M.Si, Budio Winarto, S.H. M.Si, Danny Januarisman, ST, Simon Makarios Aruan, dan Direktur Dana Transfer Umum Kementrian Keuangan.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementrian keuangan RI, Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan Kementrian Dalam Negeri.

Dalam sambutannya Bupati Padang Pariaman mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari salah satu program prioritas pembangunan di Desa sehingga implementasi dan pengembangan Desa Wisata dan Desa Digital mutlak dilaksanakan.

Suhatri Bur lebih lanjut mengatakan, tujuan pembangunan berkelanjutan di era globalisasi ini lebih menekankan pada keterbukaan dan kemudahan akses, terutama dalam integrase ilmu dan teknologi.

Ia menambahkan, prioritas pembangunan di Nagari, terdapat empat model desain Nagari digital yang diterapkan yakni, digitalisasi untuk penyusunan database Nagari, digitalisasi untuk pengembangan Nagari unggulan, digitalisasi untuk mempercepat pelayanan Pemerintah Nagari kepada masyarakat Nagari, digitalisasi untuk peningkatan transparansi keuangan dan kegiatan pembangunan Nagari.

Kepala DPMD Erman S.Sos, dalam laporannya mengatakan, maksud pelaksanaan kegiatan pengembangan Desa Wisata dalam rangka memberikan gambaran dan konsep tentang Desa Wisata dan Desa Digital yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep Desa Wisata dan terintegrasi dalam upaya menyokong peningkatan perekonomian masyarakat.



BACA JUGA